KOMPASIANA TAMBAH KEREN

KOMPASIANA LAMA

Kompasiana yang merupakan situs keroyokan kompas.com akan merubah penampilannya kearah yang lebih baik. Hal ini diketahui dari rilis admin Kompasiana. rilisnya sebagai berikut:


Mulai hari Senin, 1 November 2010, Kompasiana menggunakan aplikasi baru yang ditandai dengan perubahan tampilan pada halaman Content Management System (CMS) atau biasa disebut sebagai Dashboard. Dengan Aplikasi Kompasiana yang baru ini, Kompasiana lebih cepat diakses dan lebih stabil dari sebelumnya.
Penggunaan aplikasi baru juga dalam rangka pengembangan Kompasiana menjadi sebuah media sosial (social media) yang lebih personal, dengan tetap mempertahankan fungsi blogging sebagai fitur utamanya. Aplikasi baru juga didukung dengan resource yang lebih handal agar dapat menampung aktifitas dan database yang bertambah sangat pesat.
Inilah yang ditawarkan Kompasiana di usianya yang kedua, sebagai respon atas tingginya antusias blogger untuk terus berbagi dan tetap terkoneksi lewat Kompasiana. Terlebih, Kompasiana tidak hanya digandrungi oleh blogger Indonesia, tapi juga blogger negara tetangga dan blogger di belahan negara lain, khususnya dari kalangan masyarakat Indonesia yang sedang berada di luar negeri.
KOMPASIANA BARU

Hingga saat ini terdapat lebih dari 42.000 akun, 30 persen di antaranya merupakan blogger aktif yang kerap berbagi dan berinteraksi di Kompasiana. Selain itu, sebagai media warga, Kompasiana telah dianggap sebagai sumber informasi oleh para netizen (warga internet) di samping berita-berita dari media arus utama yang sudah lama tersaji di dunia maya.
Berdasarkan data statistik Google Analytics per 28 Oktober 2010, Kompasiana dalam sebulan terakhir diakses oleh 2,7 juta orang yang melakukan 3,7 juta kunjungan dengan total pageviews (halaman yang dibaca) sebanyak 6,5 juta.
Fitur Standar
Seperti pernah disinggung sebelumnya, Dashboard Kompasiana yang baru tetap memiliki fitur-fitur yang sama. Yang berubah hanya tampilan desain dan tata letak menu, dari semula berjajar di atas dalam bentuk tabbing, kali ini tersusun vertikal di sisi kiri.
Untuk tahap pertama penggunaan Dashboard baru, Kompasianer sudah bisa menggunakan fitur standar seperti melihat daftar kegiatan teman, mengirim tulisan dan berkirim pesan dengan kelengkapan yang lama. Namun ada beberapa fitur yang belum bisa digunakan seperti menjadwal sebuah tulisan agar tayang di waktu tertentu.

Ke depan, Kompasiana akan menghadirkan fitur-fitur baru seperti Kelola Teman, Topik, fitur Pesan yang lebih lengkap dan fitur-fitur personal lainnya.