KEGIATAN SOSIAL XL

Optimisme dalam semangat dan potensi bangsa Indonesia telah menggugah XL untuk menjawab panggilan untuk membentuk bangsa yang tangguh.
Menjadi bangsa yang makmur dan tangguh adalah aspirasi dari setiap warga negara. XL melihat bahwa Indonesia, negara yang kaya akan potensi dan sumber daya, sangat mungkin untuk mencapai hal tersebut. Berawal dari keyakinan itu, dan dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan, XL berkomitmen untuk berpartisipasi dan memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan masyarakat Indonesia.
Agar peran kami dapat berjalan dengan efektif dan menciptakan manfaat nyata secara maksimal, kami melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan secara menyeluruh untuk program CSR kami. Bahkan, Perseroan telah mengarahkan program-program CSR nya sebagai bagian yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan rencana perusahaan.
Sebagai perusahaan yang berbisnis di bidang telekomunikasi dan terkait erat dengan teknologi, kami bertujuan untuk merencanakan dan mengoptimalkan sumber daya yang kami miliki dalam bidang tersebut untuk program CSR kami. Selain itu, kami juga mengerti bahwa di negara berkembang seperti Indonesia, masih terdapat bagian masyarakat yang membutuhkan dukungan dan bantuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Berangkat dari pemahaman ini, XL sejauh ini telah mewujudkan usaha pengembangan pendidikan melalui program CSR, Indonesia Berprestasi, serta secara bersamaan menjalankan program pengembangan masyarakat dan aktivitas-aktivitas sosial lainnya.
Indonesia Berprestasi
Peluncuran Indonesia Berprestasi 2008Kami secara khusus merancang ‘Indonesia Berprestasi’ sebagai program CSR yang besar dan menyeluruh. Program ini berakar dari rasa optimis kami terhadap potensi, semangat berinovasi dan antusiasme dari bangsa Indonesia. Program yang telah dimulai sejak 2006 ini, memiliki dua fokus: pendidikan masyarakat dan pendidikan di bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (ICT). Selama dua tahun terakhir kami telah membuat berbagai program dan kegiatan. Di tahun 2008 kami telah menjalankan aktivitas-aktivitas berikut di bawah payung Indonesia Berprestasi.

Indonesia Berprestasi Awards (IBA)IBA merupakan penghargaan yang diberikan kepada warga Indonesia, yang melalui bidang keahlian masing-masing, memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap lingkungan dan masyarakat. Program IBA ini dimulai pada 2007, di mana penentuan para pemenangnya melalui berbagai tahapan yang dinilai oleh grup juri independen. Tahapan ini membantu XL dalam menemukan dan memberikan penghargaan kepada mereka yang telah secara nyata membuat suatu perubahan untuk bangsa yang lebih tangguh.


Dalam suatu acara di Jakarta tanggal 19 November 2008, IBA 2008 memberikan penghargaan kepada lima pemegang untuk kategori berikut :
Pendidikan:Gola Gong
Seni dan Kebudayaan:Asep Khambali
Teknologi:Sudiyanto
Kewiraswastaan:Fiki Chikara Satari
Sosial dan Masyarakat:Toto Sugito




Komputer untuk Sekolah
Komputer untuk Sekolah dirancang sebagai rangkaian kegiatan lima tahun. 2008 merupakan tahun pertama untuk program ini, di mana XL menyediakan fasilitas komputer dan koneksi internet kepada sekitar 100 lembaga pendidikan dan sekolah di seluruh Indonesia. Target dari program ini adalah membantu 60 sekolah dan 300 murid setiap tahunnya. Selain fasilitas komputer dan koneksi internet, XL juga memberikan training mengenai penggunaan internet yang baik dan bahasa Inggris kepada guru-guru. Aktivitas ini juga merupakan usaha XL mewujudkan prinsip-prinsip Indonesia Global Compact Network (ICGN), terutama berhubungan dengan Hak Anak untuk mendapatkan pendidikan.
XL telah mengarahkan program ini sebagai rencana dalam lima tahun dan telah berhasil mengajak partisipasi dari tiga vendor, yaitu PT Sun Microsystems Indonesia, PT Huawei Tech. Investment, and PT Alita Praya Mitra sebagai supporting members dari ICGN. Perusahaan juga telah bekerja sama dengan tiga lembaga swadaya pendukung yaitu: UN Global Compact, The British Council, dan Nurani Dunia Foundation.
Bantuan Peralatan Multiplexer TransmissionXL menyerahkan peralatan Multiplexer Transmission, yang merupakan basis teknologi seluler beserta pelatihan pengoperasiannya kepada 14 universitas di Indonesia. Peralatan ini sangat membantu pelatihan kerja bagi mahasiswa.
Insentif PendidikanBekerja sama dengan Dharma Wanita Pusat, XL menyerahkan insentif pendidikan kepada 42 murid berprestasi yang kurang mampu.
Taman PintarXL mendirikan Taman Pintar di Yogyakarta, suatu tempat belajar yang membantu anak-anak belajar mengenai telekomunikasi.
Pembangunan Sekolah, Taman Membaca, dan Perpustakaan
XL membangun sekolah, taman membaca, dan perpustakaan di Sekolah Permata, di Sentani, Papua, serta menyerahkan bantuan berupa alat-alat sekolah.
Bantuan Perpustakaan KelilingBersama dengan Yayasan Nurani Dunia, XL menyerahkan bantuan berupa perpustakaan keliling, yang mengunjungi daerah perumahan di Jakarta dan sekitarnya. XL juga memberikan buku-buku kepada Taman Membaca Jendela Dunia, di Cimanggis, Banten dan Rumah Dunia Gola Gong, Serang, Bantu untuk menumbuhkan minat membaca anakanak Indonesia.
Penghargaan untuk Pelajar Berprestasi
XL memberikan penghargaan kepada sebelas pelajar berprestasi berupa telepon seluler dan voucher pulsa untuk satu tahun.
Pembangunan Masyarakat dan aktivitas CSR lainnya
XL senantiasa melihat kejadian di lingkungan sekitar dan secara aktif terlibat dalam aktivitas sosial dan di dalam masyarakat.
Pembangunan MasyarakatKami memandang masyarakat secara menyeluruh, terdiri dari pemangku kepentingan dan mereka yang secara langsung atau tidak terkait dengan usaha kami. Kami melakukan berbagai kegiatan di tahun 2008. Sebagai contoh, untuk masyarakat di sekitar daerah operasional atau BTS kami, kami membantu membangun fasilitas, menyediakan layanan kesehatan, dan mendukung kegiatan olah raga serta keagamaan. Selain itu, kami sangat memperhatikan perkembangan dari mitra bisnis kami, seperti para retailer dan mereka yang membantu dalam distribusi. Kami selalu memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkembang, dan dapat meningkatkan taraf hidup melalui kemitraan dengan kami. Sampai saat ini, kami telah memberikan berbagai program training, memberikan bantuan untuk saat-saat khusus, dan menyelenggarakan program untuk mereka.
Bantuan untuk Bencana
Untuk meringankan penderitaan korban bencana alam, kami secara cepat mengambil tindakan ketika terjadi bencana alam di Indonesia. XL telah membuat standar operasi prosedur dalam memberikan bantuan dan memastikan segala upaya dijalankan sebaik mungkin.
Pada 2008 kami memberikan bantuan dalam bentuk dana dan barang kepada korban bencana di daerah bencana, seperti gempa bumi di Bima (NTB), tanah longsor di Cianjur, banjir di Banjarmasin, Bojonegoro dan daerah lainnya.
Kegiatan SosialDalam melaksanakan aktivitas sosial, kami didukung oleh kompetensi XL di bidang telekomunikasi. Melalui cara ini, kami secara rutin menyediakan fasilitas telepon umum gratis (TUG), koneksi internet, dan fasilitas lainnya. Kami juga memberikan bantuan, khususnya untuk anak dengan kebutuhan khusus, masyarakat di daerah terpencil, juga untuk pemberantasan kemiskinan.
Sejalan dengan pertumbuhan bisnis, komitmen XL dalam bidang CSR terus meningkat melalui kesempatan-kesempatan untuk terus memperluas jangkauan dan peran kami. Di tahun 2008, kami meningkatkan jangkauan program CSR kami dengan menjadi anggota aktif Indonesia Global Compact Network (ICGN) PBB. Melalui ICGN, XL berkomitmen untuk menjadi agen perubahan dalam mempercepat transformasi ke arah yang lebih baik, dan secara aktif mendukung, memfasilitasi dan mewujudkan sepuluh prinsip- prinsip dasar dari UN Global seperti tertera dalam UN’s Millennium Development Goals di Indonesia.
UN Global Compact merupakan inisiatif kebijakan strategis bagi perusahaan yang berkomitmen untuk menyelaraskan operasi dan strategi mereka dengan sepuluh prinsip yang berlaku universal di bidang hak asasi manusia, perburuhan, lingkungan hidup, dan anti korupsi. Melalui usaha tersebut, dunia bisnis, sebagai agen utama yang mendorong globalisasi, dapat turut serta memastikan bahwa kemajuan di pasar, perdagangan, teknologi, dan keuangan juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian dan masyarakat di setiap negara.Di Indonesia, XL termasuk dalam kelompok perusahaan pertama yang menandatangani Global Compact, yang telah mengembangkan komitmennya menjadi kegiatan yang berkesinambungan.
Kontribusi Perseroan di 2008 dan Rencana ke Depan
Sepanjang 2008, pengeluaran kami untuk kegiatan CSR adalah Rp 9.408.740.458, dengan proporsi terbesar di bidang pendidikan. Sejalan dengan komitmen kami dalam mewujudkan CSR program, kami akan melanjutkan untuk memperluas jangkauan dengan berfokus pada apa yang telah kami lakukan sekarang.


Pengembangan bakat anak

Program rekreasi & belajar untuk anak jalanan

Usaha untuk membangun lingkungan yang bersih dan sehat

Aktivitas di hari anak nasional

Dukungan untuk anak dengan kebutuhan khusus



Peluncuruan Komputer untuk Sekolah