Inilah 10 Hewan Terkecil di Dunia

Inilah 10 hewan terkecil di dunia yang masuk dalam catatan Guinness World Record, di antaranya, anjing, ular, hingga kuda, kadal dan kuda laut. Berikut keterangan fotonya:


1.Anjing Terkecil di dunia 12,4 cm dari jenis chihuahua, diberi nama Ducky. Anjing ini berasal dari Charlton (Massachusetts, AS). Ducky berhasil memecahkan rekor anjing terkecil di dunia yang masih hidup. Rekor sebelumnya disandang Danka Kordak dari Slovakia, juga dari jenis chihuahua, yang tingginya 5,4 inc sedang Duncky 4,9 inc (12,4 cm).  Namun Guinness Record juga mencatat bahwaanjing terkecil di dunia yang pernah ada adalah jenis terrier dari Yorkshire, Inggris, tingginyakalau berdiri 2,8 inc
2.Ular terkecil di dunia jenis Leptotyphlops carlae, panjangnya 10,1 cm (4 inc). Ular ini ditemukan di pulau Barbados,Karibia. Ular yang setipis mie spaghetti ini sangat berbahaya karena kecil dan tidak mudah terlihat. Ular ini ditemukan oleh Blair Hedges.
3.Ikan terkecil di dunia panjangnya: 7.9 mm (0,3 inci).
Pada Januari 2006, ikan terkecil di dunia ditemukan di pulau Sumatra Indonesia. Ikan ini masuk dalam keluarga ikan gurami, Paedocypris progenetica. 
4.Kuda terkecil di dunia tingginya 43,18 cm (17 inci). Kuda terkecil lahir di penangkaran kuda kate milik  Paul dan Kay Goessling. Mereka memiliki penangkaran kuda kate, namundari semua kuda kate dimilikinya, ini adalah yang terimut 43,18 cm, tingginya. Kuda kate terkecil ini diberi nama Thumbelina berusia 5tahun.
5.World's Smallest Cat: 15.5 cm (6.1-inch) dan panjangnya i 49 cm (19,2 inci).
Disebut  Mr. Peebles, usianya 2 tahun. Hidup di  Illinois,AS. Beratnya 3 pound. Kucing super imut ini merupakan kucing terkecil di dunia versi Guinness World Record 2004.
6. Hamster Terkecil Dunia: tingginya 2,5 cm (0,9 inci). Untuk meyakinkan betapa kecilnya hamster ini, maka disampingnya ditaruh koin yang didirikan (lihat gambar). Hamster terkecil di dunia ini ternyata hanya sedikit lebih besar dari koin 50 cent.. Hamster imut ini diberi nama Peewee, berhenti tumbuh saat dia berumur 3 minggu. Padahal lima saudaranya, jantan dan betina, terus bertumbuh hingga mencapai tinggii 4-5 inc. Tapi justru itulah yang membuat Peewee terkenal dan menyandang rekor terkecil di dunia. Dengan tinggi 2,5 cm berat Peewee hanya 1 ons.
7.World's Smallest Bunglon panjangnya: 1.2 cm (0,5 inci).

Brookesia Minima adalah species bunglon terkecil di dunia, hanya setengah inch panjangnya.Ditemukan di hutan hujan Pulau NosyBe, sebelah utara pantai barat Madagaskar. Spesies ini sungguh unik. Yang perempuan lebih besar dari laki-laki.
8.Kadal Terkecil Dunia panjangnya: 16 mm (0,6 inci)
Kadal ini amat sangat kecil hanya 16 milimeter diukur dari ujung moncongnya hingga pangkal ekor. Nama ilmiah kadal ini Sphaerodactylus ariasae. Sebelumnya juga ada kadal kecil dari  spesies Sphaerodactylus parthenopion, yang ditemukan pada tahun 1965 di British Virgin Islands.
9. Sapi Terkecil Dunia tingginya  81 cm (31-inch) tinggi.
Sapi terkecil di dunia adalah jenis langka yakni Zebu India atau disebut juga sapi  Vechur. Tingginya sekitar81 cm. Foto di atas menunjukkan Vechur yang berusia 16 tahun.
10.Kuda laut terkecil  panjangnya 16 mm (0,6 inci.
Kuda laut atau Hippocampus denise, adalah kuda laut ukuran kecil. Yang ada pada gambar ini berukuran 16 milimeter. Malah konon pernah juga ditemukan kuda laut species ini panjangnya hanya 13 milimeter, lebih kecil dari kuku. Kuda laut jenis ini hidup di perairan tropis seperti Lautan Pasifik Barat, 13-90 meter di bawah permukaan laut.***