GURUKU BILANG, SAYA KERBAU ???


Biasa kita dengar dari guru-guru kita umpatan-umpatan dari mulutnya yang mengata-ngatai kita sebagai dasar bodoh, dasar kerbau, dasar dungu, dasar udik, dasar bebal…….wah siswa siapa yang tidak merah telinganya bila dikata-katai seperti itu. Siswa juga kan manusia, bukan kerbau dan bukan binatang. Nah biasanya dari awal inilah siswa-siswa akan menanamkan kebenciannya kepada gurunya yang mengata-ngatainya. Dan bila hal itu terjadi maka gejala-gejala ketidak berhasilan guru akan mulai nampak. Karena bila semakin banyak siswa membencinya maka dalam mengajar dia tidak diperhatikan lagi sama siswa yang membencinya tersebut.
Tapi biasanya guru hanya cuek seraya berkata, “tak peduli, karena berapa pun yang saya ajar maka tak akan mempengaruhi gaji saya”.. wah… apakah guru itu mengajar semata-mata mengejar Rp  ?????. jawabannya tidak. Karena guru itu tugas utamanya adalah membuat siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Dari tidak mengerti menjadi mengerti dan dari bodoh menjadi pintar.

Karena pada hakekatnya arti guru itu sangat mulia. Guru itu bersal dari bahasa India kuno sana (sangsekerta) yang berarti Gu=gelap dan Ru=terang. Jadi arti guru itu adalah yang membuat seseorang dari gelap menjadi terang. Bukan Gugu yang membuat gelap menjadi tambah gelap lagi, atau yang paling parah Rugu yang menjadikan terang ke arah kegelapan.
Sudah siapkah kita menjadi guru yang membuat alam kegelapan pendidikan Indonesia ke arah terang benderang dan kemajuan pendidikan Indonesia..?????
Cayo Guru Indonesia

Baca Pula DISINI