GOOGLE MAPS MEMANTAPKAN IMAN SEORANG MUSLIM

Dengan bantuan google maps maka insya allah kita tidak ragu-ragu lagi dalam menjalankan penghormatan kita kepada sang pencifta, Allah SWT. apa hubungannya google maps dengan Allah????. Ya dengan google maps kita bisa menentukan secara meyakinkan arah Kiblat. Dan ini cara termudah menentukan arah kiblat. Bener-bener fun, akurat dan rasanya nggak pake banyak perhitungan seperti sekian derajat miring dari arah barat atau dengan bayangan matahari (walaupun bersyukurlah yang masih inget pelajaran geografi atau astronomi). Dan yang lebih utama: straight to the point. Baiklah saudara-saudara, kita tampilkan…
Betul sekali. Hoho, kebayang nggak? Cukup kita tarik garis lurus antara Ka’bah di Mekah ke rumah kita, atau kantor kita, hotel kita, apartemen kita, villa kita. Sangat bermanfaat kalau kita lagi ada di negara yang susah cari masjid. Ok, mari kita lihat.
Pertama-pertama, kita cari dulu Ka’bah di Mekkah (sebenarnya tinggal search, tapi kalau nggak ketemu masukin aja koordinat berikut:21.4225N, 39.8262E)
Kita zoom sedikit, dan add placemark tepat di tengah Ka’bah untuk menandai, biar gampang kalau mau bolak-balik.
Ok selanjutnya, mencari rumah kita, atau tempat yang ingin kita tentukan arah kiblatnya. Tahap ini rasanya yang paling time-consuming (yang punya GPS gak usah sombong), tapi percaya deh:it’s fun!  Setelah ketemu, kita add placemark di situ.
Yah… that’s my home sweet home.
Anyway, balik ke Ka’bah dengan klik di placemark yang sudah kita simpan tadi. Klik “Draw a line” tool, klik sekali di atas Ka’bah.
Terus klik placemark menuju ke rumah, dan klik dua kali di rumah kita. Dan voila, arah kiblat!
Keliatan nggak garis biru? Kalau dizoom dikit, kita bisa memperkirakannya dari patokan jalan, tembok, gedung sekitar, dan sebagainya.
Di-zoom lebih besar, just to make sure our blue line fit with the big picture of this idea.
Good. Nah, gimana? Very-very straight forward dan guampang tenan tho?
* * *
Satu hal yang juga fun adalah kita bisa cek apakah masjid di sekitar kita bener-bener mengarah kiblat atau nggak. Saya sih hanya cek beberapa, dan sebagian besar… tidak benar-benar mengarah kiblat! Misalnya masjid yang terdekat dengan rumah saya di bawah ini:
Agak miring dikit (garis kuning itu untuk memperjelas saja), dan kita nggak tau di ujung sana garis itu mengarah ke negara mana. ;-) Kemudian juga, Masjid Jami yang nggak jauh juga dari situ:
Miringnya parah keliatannya, ya nggak sih?
Masjid Kubah Emas di Depok yang terkenal itu, juga sedikit melenceng kelihatannya, tapi masih lumayan.
Yang cukup precise dan sejajar dengan blue line adalah Masjid Istiqlal, walaupun kalau diperhatikan detil melenceng sedikit beberapa derajat.
So what about your masjid? Please share and… have fun! Salam.