EMPAT LANGKAH DALAM BLOGWALKING

Jika anda seorang blogger berarti pasti tahu arti istilah blogwalking. Ya, blogwalking artinya jalan-jalan ke blog lain, biasanya sambil meninggalkan jejak berupa komentar. Istilah blogwalking yang terburu-buru biasanya diplesetkan menjadi blogrunning.
Sebenarnya sah-sah saja ketika kita blogwalking dengan cepat atau terburu-buru, mungkin karena “kejar setoran” demi kunjungan balik yang melimpah. Tapi usahakanlah agar kita tidak ketahuan sedang terburu-buru, atau sebisa mungkin pemilik blog atau orang lain yang membaca tidak menjadi ilfil dengan komentar kita.
Nah, berikut sedikit tips / trik ketika sedang blogwalking dengan cepat alias blogrunning :
1. Baca Judulnya
Langsung berkomentar tanpa membaca sangat tidak sehat dalam dunia blog. Apalagi jika isi komentar kita hanyalah kalimat “say hello” ditambah dengan permintaan kunjungan balik. Pemilik blog manapun pasti tidak suka dengan komentar seperti itu. Masih syukur jika anda tidak di “mark as spam” oleh pemilik blog.
Jadi setidaknya anda baca dulu judulnya atau kalau bisa kalimat/paragraf pertama. Lalu dari sana buatlah komentar yang setidaknya masih nyambung dengan apa yang sedang dibicarakan. Dengan begitu pemilik blog akan merasa lebih dihargai ketika membaca komentar anda.
2. Baca Paragraf Terakhir
Selain dengan membaca judul atau paragraf pertama, kita bisa juga berkomentar dengan membaca paragraf atau kalimat terakhir. Apalagi jika pemilik blog bermurah hati dengan menambahkan kalimat penutup yang bisa mengundang komentar. Misalnya : “Jadi, apakah anda pernah blogwalking dengan terburu-buru?“.
3. Baca Komentar Sebelumnya
Tidak ada aturan baku bahwa ketika berkomentar kita harus mengomentari tulisan yang posting. Bisa juga kita berkomentar berdasarkan komentar sebelumnya. Saat ini sudah banyak blog yang menyediakan fasilitas “thread comment” pada blognya.
4. Jujur
Langkah terakhir adalah jujur. Jujur saja berkomentar bahwa anda belum membaca selengkapnya. Misalnya : “Tutorial ini bagus sekali, saya akan bookmark dulu“. Ya walaupun jadi agak mirip spam sih.
Lalu, bagaimana trik anda ketika sedang terburu-buru blogwalking?