BANDAR MESIR KUNO

Mesir berencana membuka kota kuno Leukaspis, sebuah kota pelabuhan Yunani-Romawi 2.000 tahun, yang telah terkubur di bawah pemukiman modern, Marina.
Wilayah ini juga dikenal sebagai Antiphrae, sebuah kota yang tersembunyi selama berabad-abad setelah sempat diporakporandakan dan dibenamkan oleh tsunami pada abad keempat.
Otoritas Mesir kini memutuskan untuk membuka situs tersebut setelah 25 tahun penemuannya, menurut laporan AP.

"Para pengunjung dapat berkunjung dan memahami bagaimana orang-orang hidup pada masa itu. Bagaimana mereka membangun kuburan, hidup di pesanggrahan-pesanggrahan maupun berdagang di agora utama," ujar Inspektur Jenderal Departemen Kepurbakalaan Mesir, Ahmed Amin.
Makam-makam dan rumah-rumah kuno Leukaspis tersebut ditemukan ketika beberapa insinyur China sedang membangun ruas-ruas jalan di wilayah Marina pada 1986.
Penggalian dilakukan oleh sejumlah arkeolog Polandia pada 1990-an, terungkap bahwa kota kuno tersebut adalah kota pelabuhan makmur dengan 15.000 penduduk yang hidup sebagai eksportir gandum, ternak dan zaitun ke seluruh wilayah Mediterania.
Para arkeolg juga menemukan sisa-sisa basilika, sebuah permandian, yang terkubur di kota nekropolis, demikian pula sejumlah tugu Yunani kuno dan dinding kapur yang tingginya hingga dua meter.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kota tersebut telah memiliki sistem saluran pembuangan yang canggih.
Mesir berencana membuka Leukaspis menjelang akhir 2010. (Erabaru/ Press TV/sua)