7 KECEROBOHAN PEMILIK ACCOUNT FACEBOOK

Facebook kayaknya sudah sangat melekat di hati Rakyat Indonesia, terbuktiFacebook bercokol diurutan pertama di Indonesia. Hal ini berdasarkan analisa dari Google Insight yang menunjukkan hal apa yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Penjelmaan Facebook yang telah menjadi jejaring sosial yang sangat besar kurang dibarengi dengan keamanan data-data pribadi yang dimiliki olehpengguna facebook.


Menurut Consumer Reports Magazine lebih dari separuh pengguna jejaring sosialdengan ceroboh mengungkapkan data pribadi mereka, yang bisa digunakan untuk motif kejahatan.

Dikutip dari Vivanews Consumer Reports Magazine mengungkapkan Setidaknya ada 7 Kecerobohan yang dilakukan pengguna Facebook :

1. Penggunaan Password yang lemah
Untuk mengatasi password yang lemah diharapkan menggunakan 8 karakter yang berisi kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka maupun simbol.

2. Memunculkan tanggal lahir
Tanggal lahir sebaiknya jangan di tampilkan kepada sembarang orang, karena bisa digunakan orang untuk menjebol kartu kredit atau rekening bank.

3. Mengabaikan Facebook Privacy Control
Facebook Privacy Control ini bisa memaksimalkan pembatasan akses orang luar terhadap data pribadi kia. karena orang yang tidak kia kenal tidak akan bisa terlalu bebas mengakses seluruh data di profil dan galeri foto.

4. Memposting Nama Anak di Caption Foto

5. Menyebutkan keterangan saat melakukan perjalanan Jauh
Dengan menyatakan status sedang jauh dari rumah maka menunjukkan bahwa tidak ada orang yang berada dirumah saat ini. hal ini bisa dimanfaatkan orang yang bermaksud jahat untuk menyambangi rumah. Jangan terang-terangan mengatakan tanggal Anda saat melakukan liburan.

6. Data Pribadi Bocor di Search Engine
Data-data pribadi Anda tidak boleh sampai bocor ke search engine seperti google, untuk lakukan penyetelan ulang dibagian 'Search' pada facebook privacy control. Pilih opsi 'Only Friends' dan pastikan agar boks 'Public Search' tidak dicentang.

7. Membiarkan anak kecil menggunakan Facebook Tanpa Pengawasan.
Sekarang sudah banyak anak-anak dan remaja yang menggunakan Facebook jadi usahakan orang tua selalu mengawasi. Hal ini untuk mengantisipasi Kejahatan yang akan menimpa si Anak tersebut.

Ke-7 Kecerobohan dari pengguna Facebook di atas harus benar-benar Anda perhatikan karena hal ini menyangkut keselamatan Anda dan keluarga.